1

Topic: Apa Sih Bedanya Skripsi dan Karya Tulis??

Kalo kita mau lulus dari universitas sudah pasti kita harus menyelesaikan tugas akhir atau skripsi. Skripsi adalah karya tulis ilmiah yang disusun dengan sistematika, metode dan kaidah tertentu yang dapat dipertanggungjawabkan. Secara umum skripsi dan karya tulis adalah satu kesatuan, tapi untuk kalian yang baru akan masuk universitas harus tau perbedaan antara skripsi dan karya tulis. Karena penting untuk kalian yang

Hal pertama yang kalian harus tau adalah kalo setiap mahasiswa, disetiap akhir periode perkuliahan, akan membuat sebuah karya tulis, baik itu namanya skripsi, KTA (Karya Tulis Akhir) atau KTI (Karya Tulis Ilmiah). Jadi semua mahasiswa disemua jurusan wajib membuat, tanpa kecuali.

Hal kedua, skripsi itu karya tulis akademik, orang yang membuatnya harus mengikuti aturan yang sudah ditetapkan oleh kampus masing-masing. Apalagi kalau kuliah di universitas terbaik di Indonesia, perlu banget  tau sistematika penulisan seperti apa yang ada di kampus kita.

Hal ketiga, skripsi atau KTA/KTI adalah karya tulis ilmiah, yang artinya kita harus memenuhi patokan/ukuran untuk penulisan ilmiah. Misalnya, mecantumkan kutipannya atau referensi-referensi yang digunakan. Referensi tersebut juga semuanya harus dicantumkan di daftar pustaka. Referensi yang digunakan biasanya berupa buku, jurnal penelitian atau referensi dari luar negeri, atau sumber yang kalian dapat dari mahasiswa yang kuliah di luar negeri, bisa juga prosiding seminar atau sumber-sumber lain yang diizinkan oleh pihak kampus.

Hal keempat, biasanya sebelum menyusun skripsi, kalian wajib mengajukan proposal atau usulan penelitian. Jika proposal ataupun usulan penelitian ini disetujui maka berbahagianlah kalian, kalian bisa mulai mengerjakan skripsi kalian
Hal kelima, dalam penyusunan skripsi atau KTA/KTI, pihak kampus akan menunjuk seorang pembimbing untuk kalian. Dosen pembimbing yang dipilih akan sesuai dengan disiplin ilmu yang kalian jalani, jadi konteks yang kalian bahas sebaiknya tidak jauh keluar dari disiplin ilmu yang diambil.

Hal keenam, penyusunan Skripsi dan KTA/KTI ini membutuhkan biaya, biaya ini bertujuan untuk banyak hal, misalnya untuk mengetik dan mencetak. Selain itu diperlukan biaya untuk pembelian alat dan bahan penelitian, biaya transportasi, biaya souvenir kuisioner kalian dan banyak lagi biaya yang harus harus keluarkan. Makanya kalian harus siapakan anggaran yang cukup agar penyusunan skripsi tidak berhenti di tengah jalan.

Hal ketujuh, skripsi atau KTA/KTI juga harus dikoreksi dan disetujui oleh dosen pembimbing sebelum diuji. Proses koreksi dan revisi ini terbilang sangat melelahkan secara fisik, pikiran dan mental. Melelahkan secara fisik karena harus bolak-balik ketemu dosen, mengantar revisian atau mengambil hasil koreksi. Kalo secara pikiran, anda akan diminta untuk memikirkan fenomena-fenomena dibalik hasil pengukuran data yang kalian dapat, kemudian dibandingkan dengan penelitian sebelumnya. Yang akan membuat kelian lelah. Makanya harus benar-benar siap dan komitmen.

Hal kedelapan. Skripsi dan KTA/KTI baru akan diujikan. Setelah selesai bikin skripsi dan disetujui sama dosen pembimbing, maka hasil penelitian atau skripsi itu harus diujikan di sidang skripsi. Ujian ini untuk mengetahui sejauh mana penguasaan keilmuan kalian, penerapan aplikasi dan keilmiahan pembahasan yang telah kalian lakukan dalam skripsi atau karya tulis tersebut. Jika berhasil, berarti kalian benar-benar mendalami ilmu kalian dan siap dilepas didunia kerja.

Memang sangat terlihat susah banget menjalani kehidupan menjadi anak kampus. Kalo kalian sering nonton film yang ada dunia kampusnya dan terlihat keren, bahagia ketemu temen, pacaran, dapet jodoh, blablabla dan lain sebagianya. Jangan cepat percaya, mungkin sebagian ada yang benar tapi tidak semua nya bahagia. Kunci nya bahagian di kehidupan kampus itu Cuma satu, cintain jurusan yang kalian ambil. Maka kalian akan lulus dengan terhormat. hehehe